Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Hari Ini

Berikut ini adalah berita mengenai saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI)

IHSG Hari Ini

 

Saham Teraktif Hari Ini

 

Saham Paling Untung Hari Ini

 

Saham Paling Rugi Hari Ini

Bagikan ke teman anda

Pengertian Saham

Pengertian Saham

Saham atau sering disebut (stock) merupakan salah satu instrumen pasar keuangan.

Saham dapat diartikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan ikut menyertakan modal, maka pihak pemodal memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Menerbitkan saham merupakan salah satu pilihan perusahaan ketika memutuskan untuk pendanaan perusahaan.

Di sisi lain, saham merupakan instrument investasi yang banyak dipilih para investor karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik.

Keuntungan yang diperoleh investor dengan membeli atau memiliki saham

1. Dividen
2. Capital Gain

Sebagai instrument investasi, saham juga memiliki risiko, antara lain:

1. Capital Loss
2. Resiko Likuidasi

Di pasar sekunder atau dalam aktivitas perdagangan saham sehari-hari, harga-harga saham mengalami fluktuasi baik berupa kenaikan maupun penurunan.

Pembentukan harga saham terjadi karena adanya permintaan dan penawaran atas saham tersebut. Dengan kata lain harga saham terbentuk oleh supply dan demand atas saham tersebut.

Supply dan demand tersebut terjadi karena adanya banyak faktor, baik yang sifatnya spesifik atas saham tersebut (kinerja perusahaan dan industri dimana perusahaan tersebut bergerak) maupun faktor yang sifatnya makro seperti tingkat suku bunga, inflasi, nilai tukar dan faktor-faktor non ekonomi seperti kondisi sosial dan politik, dan faktor lainnya.

 

Bagikan ke teman anda