Fungsi dan Tujuan Ber-Asuransi

 

Yang namanya kecelakaan atau ketidakberuntungan dapat terjadi kapan saja. Oleh karena itu ada baiknya kita mempertimbangkan untuk mengikuti program asuransi, atau dalam bahasa sehari-hari dikatakan: masuk asuransi.

Hal tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir atau mengurangi resiko yang timbul akibat kecelakaan tersebut. Dengan asuransi kita dapat memindahkan resiko tersebut kepada pihak asuransi.




Dengan kata lain Asuransi dapat berguna sebagai:

Perlindungan

Dengan memiliki polis asuransi, pihak tertanggung akan terhindar dari kemungkinan timbulnya resiko kerugian di kemudian hari dan merasa aman dan tenang jiwanya karena objek yang diasuransikan telah dijaminan oleh penanggung polis.

Selain sebagai sarana perlindungan, Asuransi juga dapat berfungsi sebagai:

Prasarana Menabung

Prasarana menabung artinya, sejumlah dana yang diasuransikan memiliki nilai tunai dan dapat diambil kembali, ini termasuk jenis asuransi tertentu seperti whole life atau endowment, ada jenis produk asuransi yang sengaja digabungkan dengan investasi, yaitu dinamakan unitlink.

Pengalokasian Biaya dan Manfaat yang Lebih Adil

Semakin besar resiko kerugian yang timbul maka semakin besar pula premi pertanggungan dari pihak penanggung polis.

Memberikan Tingkat Kepastian

Merupakan manfaat utama dari asuransi karena pada dasarnya mereka berusaha untuk mengurangi konsekuensi yang tidak pasti dari suatu keadaan yang merugikan, yang sudah diprediksikan sebelumnya sehingga biaya dari kerugian tersebut menjadi pasti atau relatif lebih pasti.

Membantu Meningkatkan Produktifitas Usaha Tertanggung

Tertanggung yang akan berinvestasi pada suatu bidang usaha tertentu (High Risk Business) bila sebagian resiko investasi tersebut dapat ditutup oleh asuransi untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi di kemudian hari.




Jaminan Kredit

Polis asuransi dapat dijadikan sebagai jaminan pinjaman kredit, biasanya hanya untuk asuransi jiwa dan sangat selektif untuk  jenis kredit dan bank tertentu.

 

Baca juga:

Prinsip Dasar Asuransi

Pengertian Asuransi

Jenis Resiko yang Dapat Diasuransikan

Merencanakan Program Asuransi

Istilah Dalam Asuransi

 

Bagikan ke teman anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *